free page hit counter

Izin Usaha Pengangkutan BBM

Perusahaan Anda Belum memiliki izin Usaha Pengangkutan BBM?

Jasa Pembuatan Izin Usaha Pengangkutan BBM

Apakah Saat Ini Perusahan Anda Dalam Kondisi Ini?

Pengadaan Barang & Jasa

usaha di bidang Pengangkutan BBM tetapi belum memiliki Izin?

Skala Proyek Membesar

Mempunyai produk dengan skala yang besar dan tinggi tetapi belum memiliki izin.

Belum Punya Izin Usaha

Belum mempunyai Izin Usaha Pengangkutan BBM?

Belum Tahu Persyaratan untuk mendapatka Izin

Perusahaan Anda Kebingungan Memenuhi Persyaratan Pembuatan Izin Usaha Pengangkutan BBM?

Segera Konsultasi Pembuatan
Izin Usaha Pengangkutan BBM Perusahaan Anda Dengan Kami

Isi Form Di Bawah Ini dan Langsung Berkonsultasi dengan Ahlinya dalam Pengurusan Izin Usaha Pengangkutan BBM

Segera Penuhi Persyaratan agar Perusahaan Anda Berkembang!

Alasan Usaha Pengangkutan Bbm Harus Memiliki Izin

Sebagaimana yang diketahui bahwa usaha ini memiliki persyaratan yang cukup sulit agar mendapatkan ijin operasional. Selain itu proses usaha aktifitasnya akan terus dipantau dan diawasi. Adapun beberapa alasan nya adalah seperti dibawah ini:

  1. Bahan Bakar Minyak Dan Hasil Bumi Adalah kepemilikan Negara

Membuka usaha yang satu ini tidak sebebas memiliki usaha lainnya. Hal dikarenakan dalam pasal undang-undang tentang Minyak dan Gas bumi nomor 22 tahun 2001 diatur oleh pemerintah. Biasanya usaha pengadaan maupun penyelenggaraan aktifitas usaha minyak dan gas bumi hanya dapat dilakukan melalui 2 bentuk usaha. Yaitu aktifitas usaha hulu dan kegiatan usaha hilir. Dan untuk usaha pengangkutan bbm masuk dalam kegiatan usaha hilir.

  1. Kegiatan Usaha Harus Diawasi Aktifitas Operasionalnya

Dengan adanya izin resmi segala sesuatu yang berkaitan dengan bbm akan lebih mudah dipantai, dievaluais, dan diawasi. Jika tidak memiliki usaha usaha jenis ini akan mengakibatkan ekplorasi hasil minyak bumi yang dapat merugikan bangsa indonesia.

  1. Memiliki Standart Operasional Yang Ditentukan

Sebagaimana pengaturan tentang usaha pengangkutan bbm harus melewati proses verifikasi dan evaluasi sertai survey dan kunjungan lokasi. Sehingga standart usaha tidak mengakibatkan kerugian kepada masyarakat.

  1. Izin Usaha Wajib di Update Secara Berkala

Untuk menghindari adanya kecelakaan atau aktivitas yang mencemari lingkungan masyarakat sekitar maka ijin usah harus selalu di verifikasi ulang setiap 5 tahun sekali. Hal ini untuk memastikan dan mengawasi badan usaha tetap melakukan peraturan standart yang telah ditetapkan.

  1. Berhubungan Dengan Harga BBM nasional

Mengapa usaha in harus memiliki ijin karena berkaitan dengan harga  yang berlaku di pasaran. Sehingga masyarakat dan pihak badan usaha  tidak dirugikan. Jika tidak memiliki izin maka di dikhawatirkan pengadaan dan ketersediaan bahan bakar ini tidak dapat merata dan dirasakan oleh masyarakat bangsa negara indonesia ini.

  1. Usaha Akan Dilindungi Negara

Denan adanya ijin semua kegiatan dan aktifitas yang berkaitan dengan usaha akan berjalan lebih sehat dan dapat dipantau sehingga akan meminimalisir adanya hambatan yang dapat merugikan.

Persyaratan izin Usaha Pengangkutan BBM

Apa saja Persyaratan yang Diperlukan dalam Pembuatan Izin Usaha Pengangkutan BBM

Syarat Administrasi Pengajuan Ijin Usaha Pengangkutan Bbm (nasional)

Sebagaimana pedoman yang telah ditetapkan oleh direktorat jenderal bahwa pemohon atau badan usaha harus melengkapi persyaratan administrasi dan teknis. Adapun untuk administrasinya adalah sebagaimana berikut ini

  • Memiliki berkas akte pendirian perusahaan yang telah melakukan pengesahan oleh pejabat atau instansi yang berwenang.
  • Melengkapi profil perusahaan yang diajukan (company profile).
  • Memiliki NPWP (nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Menyertakan TDP (tanda daftar perusahaan)
  • Adanya Surat keterangan domisili perusahaan
  • Membuat pernyataan secara tertulis yang dilakukan oleh badan usaha berkaitan perihal kesanggupan untuk memenuhi aspek keselamatan operasi yang telah ditentukan, kesehatan kerja maupun pengelolaan lingkungan hidup. Dan melakukan pengembangan masyarakat setempat diatas materai.
  • Berikutnya membuat surat pernyataan atas kesanggupan untuk bertanggung jawab untuk memenuhi ketentuan peraturan yang ditetapkan oleh perundang-undangan.
  • Surat persetujuan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah berkaitan lokasi atau tempat untuk pembangunan serta sarana dan fasilitas.
  • Pernyataan tertulis kembali tentang kesediaan dilakukan pemeriksaan atau inpeksi lapangan.
  • Memuat pernyataan tertulis bermaterai bahwa akan melaksanakan penugasan dari menteri untuk melaksanakan pengangkutan bbm dengan dasar pemenuhan keutuhan bbm di dalam negeri.

Syarat Teknik Ijin Usaha Pengangkutan Bbm Untuk Jalur Darat

Selain syarat administrasi ada juga yang disebut dengan persyaratan teknis dalam memenuhi persyaratan pengajuan ijin usaha pengangkutan bahan-bakar minyak nasional.

  • Untuk hal ini adanya studi kelayakan pendahuluan atau dikenal dengan istilah preliminary feasibility study.
  • Selain itu melakukan kesepakatan jaminan dukungan atas pendanaan atau surat jeminan atas dukungan pendanaan lainnya atau yang disebut dengan melakukan MoU.
  • Dan berikutnya adanya surat rekomendasi yang berasal dari instasi terkait pada divisi departemen perhubungan. Dalam cakupan ini maka badan usaha juga harus memiliki buku KIR/ buku uji berkala dan STNK kendaraan yang digunakan. Dan Surat keterangan kalibrasi alat ukur yang dikeluarkan atau direkomendasikan langsung dari direktorat metrologi, dirjen perdagangan dalam negeri.
  • Adanya form rencana jenis, kapasitas dan jumlah sarana pengangkutan serta teknologi yang akan digunakan
  • Rencana mutu produk atau standart produk yang akan diangkut.Untuk Pengangkutan Via Laut

Syarat Teknik Ijin Usaha Pengangkutan Bbm Melalui Laut 

selain darat persyaratan teknik juga berlaku pada jalur laut perbedaan dan persamaan surat atay syarat yang akan dipenuhi dapat dilihat dibawah ini:

  • Untuk hal ini adanya studi kelayakan pendahuluan atau dikenal dengan istilah preliminary feasibility study.
  • Selain itu melakukan kesepakatan jaminan dukungan atas pendanaan atau surat jeminan atas dukungan pendanaan lainnya atau yang disebut dengan melakukan MoU.
  • Surat rekomendasi dari Ditjen perhubungan laut, atau departemen perhubungan berupa Groos akte, SIUPAL, Certicate of Classification Hull atau sertifikasi klasifikasi lambung, international oil pollution prevention certificate atau sertifikat internasional pencegahan pencemaran oleh minyak, certificate of seaworthiness yaitu sertifikat keselamatan, surat laut atau pas tahunan, RPT (rencana pola trayek) ISM code (document of compliance dan safety management certificate, certificate of machinery dan certificate of equipment.
  • surat rekomendasi daridirektorat metrologi, dirjen perdagangan dalam negeri. Berupa adanya form rencana jenis, kapasitas dan jumlah sarana pengangkutan serta teknologi yang akan digunakan dan Rencana mutu produk atau standart produk yang akan diangkut.

Syarat Kendaraan Pengangkutan Bbm Jalur Darat

Untuk pengadaan pengangkutan bbm jalur dapat sebaiknya memiliki persyaratan dan ketentuan transportasi yang telah ditetapkan khsususnya pengangkutan Bahan bakar minyak setidaknya badan usaha memiliki persyaratan khusus sebagai pengangkutan bbm jalur darat  yaitu:

  • Tentunya tahap awal melengkapi dan memiliki ijin surat yang dikeluarkan oleh instansi terkait dari kementerian ESDM maupun lingkungan hidup
  • Akte pendirian perusahaan, itu mengapa usaha pengangkutan ini harus memiliki ijin terlebih dahulu sebelum beroperasi.
  • Fotocopy STNK dan serta buku Uji kendaraan, ini sangat penting karena dengan menggunakan jalur darat akan melalui proses pengecekan oleh pihak berwajib dikarenakan kondisi tertentu.
  • Memiliki Surat Keterangan tentang MSDS atau material saftey data sheet (nama, jenis, muatan,barang yang diangkut)
  • Mengikuti prosedur Emergency response atau penanggulangan keadaan darurat, hal ini sangat penting karena jika terjadi kesalahan kerugian juga akan dapat dirasakan oleh masyarakat dan lingkungan sekitar.
  • Memiliki surat atau identitas tentang kualifikasi kendaraan apa layak atau tidak layak.

Syarat Kendaraan Pengangkutan Bbm Jalur Laut

Sebagaimana yang diketahui bahwa jalur pengangkutan bbm terdiri dari darat dan laut. Untuk mengetahui persyaratan pengangkutan bbm dengan menggunakan jalur laut adalah sebagai berikut:

  • Kondisi atau Konstruksi kapal pengangkut harus memenuhi syarat yang ditentukan sebagai pengangkutan bahan bakar minyak.
  • Posisi maupun penempatan bahan bakar minyak diatas kapal juga harus sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh instansi terkait.
  • Hanya oleh menggunakan kapal khusus pengangkut bahan bakar minyak
  • Muatan atau kapasitas pengangkutan dalam tiap rute tidak boleh diluar dari muatan yang telah ditentukan
  • Alat angkut yang digunakan juga harus merupakan rekomendasi pt pertamina yang diberikan kepada agen resmi.
  • Kapal harus memiliki ijin berlayar yang didapat dari syahbandar setempat.
  • Dan yang terakhir tentunya adalah dilengkapi dengan surat ijin pengangkutan yang legal dan diakui serta sah di mata hukum.

Sanksi Pidana Bagi Usaha Pengangkutan BBM Tanpa Izin

Seluruh kegiatan dan usaha yang berkaitan dengan bahan bakar minyak dan gas wajib memiliki ijin. Hal ini karena bbm adalah kekayaan negara atau hasil bumi indonesia yang dilindungi dan sangat diawasi peredaran. Ada beberapa sanksi jika ada usaha yang melanggar peraturan ini yaitu:

  • Pengelolaan Melakukan pengelolaan sebagaimana yang tertera atau yang dimaksud dalam pasal 23 tanpa memiliki ijin resmi minimal 5 tahun maka sedikitnya akan dikenakan denda sebesar atau paling tinggi 50 milyar.
  • Pengangkutan: Untuk Pengangkutan bbm yang dimaksud dalam pasal yang ditentukan dikeluarkan oleh minimal 5 tahun tanpa ijin dirjen dan kementerian  yang dikeluarkan maka akan dikenakan sanksi paling tinggi sebesar 40 milyar dan dapat dipidanakan atau dipenjarakan selama 4 tahun.
  • Penyimpanan: sebagaimana yang tercantum dalam pasal 23 bahwa melakukan penyimpanan bbm tanpa ijin resmi minimal 5 tahun maka akan dikenakan denda sebesar paling tinggi 30 milyar dan di penjara selama 3 tahun lamanya.
  • Begitu juga dengan aktifitas usaha niaga sebagaimana yang telah diatur dalam pasal 23 bahwa usaha tanpa melakukan ijin maka akan di penjara selama 3 tahun paling lama atau dengan denda sebesar 3 milyar.

Prosedur Pengajuan Izin Usaha Pengangkutan Bbm

Sebagaimana yang diketahui bahwa usaha pengangkutan ini memiliki aktifitas dan operasional untuk proses pemindahan bahan bakar baik hasil olahan melalui air, darat maupun udara dari suatu tempat ke tempat lain atas dasar tujuan komersial untuk itu ada beberapa prosedur pengajuan ijin ini adalah:

  1. Mengajukan Form Permohonan Ijin Usaha

Untuk poin  awal badan usaha mengajukan ijin kepada menteri energi dan sumber daya mineral. Biasanya perlengkapan dan persyaratan administrasi di ajukan melalui direktur jenderal migas. Dan proses pengajuan ijin ini bersamaan  dengan kelengkapan berkas sebagaimana panduan yang telah ditentukan.

  1. Persyaratan Administrasi dan Teknis

Dua persyaratan ini biasanya setelah dilengkapi akan melalui proses klarifikasi berkaitan berkas dan data yang diajukan oleh badan usaha  baik secara administrasi maupun teknis. Direktoral jenderal Migas melakukan penilaian dan evaluasi persentasi paparan badan usaha tersebut.

  1. Klarifikasi Data

Kinerja perusahaan badan usaha tersebut akan diklarifikasi berkaitan dengan akurasi dan standart tertentu dengan melakukan penjelasan melalui persentase.

  1. Kunjungan Lokasi

Untuk lebih memberikan validasi data yang lebih maksimal direktoral jenderal akan melakukan kunjungan atau peninjauan lokasi. Dalam hal ini Direktoral akan melakukan pengecekkan dan pemeriksaan data yang diberikan dengan yang ada sesungguhnya.

  1. Penelitian Dan Evaluasi

Langkah berikutnya adalah pihak direktoral jenderal migas akan melakukan langkah follow up sebagai dasar keputusan penolakan atau persetujuan izin usaha yang diajukan sementara.

  1. Izin Usaha Sementara

Dan yang terakhir adalah jika semua pengajuan disetujui maka menteri energi dan sumber daya mineral dan direktur jenderal migas akan memberikan ijin sementara sepanjang 3 tahun.

Proses Pembuatan izin Usaha Pengangkutan BBM Dengan
Tuantender.id

01

Konsultasi Dengan Team Tuantender.id
GRATIS

02

Pengecekan Persyaratan & Kelengkapan Surat-surat

03

Pengajuan Sertifikasi dari Badan Sertifikasi

04

Proses Selesai, Mudah dan Cepat
error: Content is protected !!