Sertifikat Badan Usaha

Badan Usaha Jasa Konstruksi harus memiliki klasifikasi dan kualifikasi yang di wujudkan dalam bentuk Sertifikat Badan Usaha (SBU)

Salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan atau badan usaha jasa konstruksi (BUJK) adalah Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruski yang dikeluarkan oleh LPJK Nasional atau LPJK Propinsi. Hal ini sebagai persyaratan utama untuk mendapatkan izin usaha jasa konstruksi (IUJK) sesuai hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia.

 

Sertifikat Badan Usaha (SBU) adalah bukti otentik yang menunjukan kompetensi badan usaha jasa konstruksi memiliki kemampuan melaksanakan pekerjaan sesuai klasifikasi dan kualifikasi usaha bidang jasa konstruksi yang terdiri dari;

 

Permohonan Baru Sertifikat Badan Usaha untuk BUJK Nasional hanya bisa diberikan kualifikasi K1 atau M1, khusus untuk BUJK PMA dan BUJK ASING hanya bisa diberikan kualifikasi besar B atau B2

PERSYARATAN UTAMA

Untuk bisa mendapatkan Sertifikat Badan Usaha (SBU) setiap BUJK harus memiliki persyaratan tenaga kerja, keuangan dan persyaratan pengalaman kerja sesuai klasifikasi dan Kualifikasi usaha jasa konstruksi yang ingin diajukan perusahaan.

 

PERSYARATAN TENAGA KERJA

Badan usaha jasa konstruksi harus memiliki tenaga terampil atau tenaga ahli untuk ditetapkan sebagai Penanggung Jawab Teknik (PJT) dan Penanggung Jawab Klasifikasi (PJK) dalam proses Sertifikat Badan Usaha (SBU). Tenaga terampil tersebut harus memiliki SKT sedangkan tenaga ahli harus memiliki Sertifikat Keahlian (SKA)

 

PERSYARATAN KEUANGAN

Badan usaha jasa konstruksi harus memiliki kekayaan bersih yang ditetapkan oleh LPJKN sesuai dengan kualifikasi yang ingin diajukan perusahaan. Khusus untuk permohonan Sertifikat Badan Usaha dengan kualifikasi besar nilai kekayaan bersih harus dibuktikan dengan laporan keuangan dari Akuntan Publik.

 

PERSYARATAN PENGALAMAN KERJA

Badan usaha jasa konstruksi harus memiliki pengalaman kerja untuk setiap sub klasifikasi yang diajukan dengan Nilai pekerjaan/Proyek sesuai kualifikasi yang ditetapkan oleh LPJKN. Persyaratan pengalaman kerja ini tidak dibutuhkan untuk permohonan baru Sertifikat Badan Usaha bagi BUJK Nasional.

 

PENERBITAN SERTIFIKAT BADAN USAHA

Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi yaitu LPJK adalah lembaga yang berwenang menerbitkan Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi yang terdiri dari SBU Jasa Pelaksana Konstruksi, SBU Jasa Pelaksana dan Perencana Konstruksi dan SBU Jasa Konstruksi Terintegrasi dengan ketentuan sebagai berikut;

0/5 (0 Reviews)