free page hit counter

Jasa Audit Akuntan Publik

Akuntan publik adalah akuntan yang telah memperoleh izin dari menteri keuangan untuk memberikan jasa akuntan publik di Indonesia.

Ketentuan mengenai akuntan publik di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2011 tentang Akuntan Publik dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 443/KMK.01/2011 tentang Penetapan Institut Akuntan Publik Indonesia sebagai Asosiasi Profesi Akuntan Publik Indonesia. Setiap akuntan publik wajib menjadi anggota Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), asosiasi profesi yang diakui oleh Pemerintah Indonesia.

pt. atrahdis idea nusantara tuantender.id

Mengapa Butuh akuntan Publik

  Sebuah perusahaan khususnya perusahaan yang sudah go Publik memiliki lebih dari 1 orang pemegang saham (pemilik/investor). Dan di dalam tubuh perusahaan terdapat system management yang menjalankan seluruh proses bisnis usaha tersebut.

Untuk menjaga agar bisnis tetap bisa berjalan tanpa ada penyimpangan penggunaan atau laporan keuangan, Pemilik perusahaan tentunya perlu mengawasi dan membutuhkan informasi yang valid tentang aktivitas yang dilakukan olah manajemen di perusahaan tersebut. manajemen lalu menyusun laporan keuangan yang berisi semua aktivitas yang dilakukan pada perusahaan tersebut sebagai pertanggung jawaban terhadap majikannya (pemilik perusahaan).

Untuk menghindari adanya penyalahgunaan dalam laporan keuangan yang dibuat oleh management perusahaan, Pemilik perusahaan ini sebaiknya menggunakan jasa dari pihak ketiga untuk memeriksa laporan tersebut. Tujuannya untuk memastikan laporan yang dibuat ini wajar atau tidak wajar, merugikan atau tidak, dan orang atau lembaga yang disuruh meriksa laporan keuangan ini adalah Akuntan Publik.

Akuntan publik ini merupakan bagian dari jenis profesi akuntansi, orangnya disebut auditor, nah tempat kerja auditor jenis ini ada di Kantor Akuntan Publik ( KAP )

Seorang yang berprofesi sebagai akuntan publik harusnya independen, harus netral, agar pemeriksaannya benar benar sesuai dengan kaidah yang ada, kalau auditor nyerong ke pihak manajemen bisa bahaya tuh. bisa main main nantinya, jadi biasanya harus independen, biar bisa dipercaya itu laporan

UU No 5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik

  Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan KA Badaruddin mengatakan ketentuan pidana dalam UU No 5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik adalah untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan dan/atau kecurangan yang dilakukan akuntan publik, ataupun pihak terasosiasi dalam memberikan jasa akuntan publik.
“Dengan adanya ketentuan itu diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap hasil pekerjaan akuntan publik, termasuk opini atau pernyataan pendapat Akuntan Publik dalam mengevaluasi secara akurat realitas laporan atau informasi keuangan suatu entitas,” paparnya dalam sidang pleno pengujian UU Akuntan Publik di gedun Mahkamah Konsitusi (MK), Kamis (2/1).

Badaruddin mengatakan pencatuman aturan pidana dalam UU Akuntan Publik dianggap sebagai upaya tepat bagi akuntan publik maupun pihak terasosiasi yang dengan sengaja memanipulasi, memalsukan, dan/atau menghilangkan data atau catatan pada kertas kerja atau tidak membuat kerja yang berkaitan dengan jasa asuransi yang diberikan akuntan publik.

Menurutnya, regulasi yang baik bagi profesi akuntan publik tentunya akan memberikan dampak yang positif dalam menumbuhkan kepercayaan masyarakat dan dunia usaha terhadap profesi akuntan publik. Sebaliknya, regulasi yang lemah justru akan menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat dan dunia usaha.
“Adanya aturan pidana bagi pelaku tindak pidana dalam UU Akuntan Publik, tentunya akan memberikan pengaruh yang positif bagi akuntan publik karena akan mendorongnya untuk bertindak lebih profesional dan independen dalam menjalankan profesinya yang sangat penting dan mulia ini,” papar Badaruddin.
Meski terdapat ancaman pidana dalam memberikan jasa akuntan publik, tidak serta merta ancaman pidana itu secara membabi buta dapat diterapkan terhadap setiap akuntan publik ataupun pihak terasosiasi.
“Sangat tidak berdasar dan terlalu mengada-ada alasan para pemohon yang kebebasan dan independensinya dalam menjalankan pekerjaannya terancam dan terpasung dengan berlakunya Pasal 55 dan Pasal 56 UU Akuntan Publik,” tandasnya.

Pernyataan senada dilontarkan Anggota Komisi III DPR Yahdil Abdi Harahap yang mewakili DPR. Menurutnya, penerapan sanksi pidana dalam UU Akuntan Publik justru dimaksudkan untuk melindungi profesi Akuntan Publik, yaitu ada suatu kepastian hukum berupa terdapatnya rumusan-rumusan yang jelas mengenai bentuk-bentuk dari tindakan pidana yang dilakukan oleh akuntan publik.
“Pada prinsipnya hanya kejahatan-kejahatan tertentu yang perlu diatur khusus ketentuan pidananya di dalam UU Akuntan Publik. Sedangkan yang terkait dengan pelanggaran profesi akuntan publik tidak diatur dalam undang-undang ini,” katanya.

Selain itu, untuk mencegah akuntan publik hanya dengan menerbitkan laporan tanpa melakukan pengujian, mencegah pemalsuan dokumen perizinan Akuntan Publik, sehingga dapat mencegah timbulnya akuntan publik palsu. “Tentunya ini akan dapat melindungi akuntan publik,” imbuh Yahdil.
Pengujian ini diajukan oleh M Achsin, Anton Silalahi, Yanuar Mulyana, Rahmat Zuhdi, dan M. Zainudin. Mereka menilai ketentuan pidana Pasal 55 dan 56 dalam UU Akuntan Publik bertentangan dengan pasal 28D ayat (1) dan pasal 28G ayat (1) UUD 1945.

Pemohon menilai frasa ‘manipulasi’ dalam Pasal 55 dan 56 UU Akuntan Publik menimbulkan ketidakpastian hukum dan terkesan ambigu dan multitafsir. Kata “manipulasi” sulit dipahami karena perbuatan manipulasi tidak ditemukan dalam rumusan dasar KUHP sebagai ketentuan pokok hukum pidana.
Hal yang diatur dalam KUHP hanya mengenai pemalsuan surat. Pasal 55 dan 56 itu ditinjau dalam perpektif hukum pidana yang humanitas adalah tidak tepat dan tidak proporsional.
Menurutnya, frasa perbuatan “menghilangkan data atau catatan pada kertas kerja” seharusnya tidak termasuk tindak pidana, tetapi masuk ke wilayah pelanggaran administratif. Sebab, kertas kerja (dokumen pendukung) bukan dokumen final pekerjaan Akuntan, melainkan opini. Sumber: HukumOnline.com

Apa Yang Kami Kerjakan

Sebagai penyedia layanan jasa akuntansi, kamiberbentuk sebuah kantor akuntan publik yang menyediakan layanan jasa akuntansi dan jasa pembuatan laporan keuangan audited. Dengan tenaga auditor yang profesional dan siap menangani pembuatan laporan keuangan perusahaan anda. Laporan Audit yang kami keluarkan resmi dan Legal dari Kantor Akuntan Publik yang diakui oleh IAPI.

Layanan jasa akuntansi: Jasa Audit

 Kami melayani pemeriksaan terhadap catatan-catatan akuntansi anda secara menyeluruh. Dengan jasa Laporan Audit yang kami keluarkan, dapat anda pakai untuk keperluan mengikuti tender, perpanjangan legalitas usaha, dan bahkan pinjaman uang ke Bank. Laporan kami resmi dari Jasa Audit auditpembukuan.com laporan keuangan Kantor Akuntan Publik terdaftar di IAPI.

Dengan didukung tenaga berpengalaman yang berpendidikan dan bergelar Akuntan, kami telah menjalin rekanan dengan beberapa Kantor Akuntan Publik resmi di negeri ini, yang dapat mewujudkan atau membantu  usaha Anda untuk pelaksanaan audit laporan keuangan perusahaan Anda untuk kepentingan:

  • Tender
  • Pinjaman Dana atau laporan ke Perbankan
  • Audit Investigasi
  • Perpajakan, dan lain-lain

dengan biaya yang terjangkau dan bersaing.

Layanan jasa akuntansi: Jasa Pembukuan

 Jasa pembukuan yang kami tawarkan sangat lengkap, mulai dari pencatatan transaksi hingga pelaporan keuangan. Layanan pembuatan laporan keuangan kami menggunakan format standar yang telah diakui oleh Ikatan Akuntan Indonesia, sehingga hasil laporan yang kami buat dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan perusahaan. Tenaga Akuntansi kami pun berpengalaman karena langsung dari Kantor akuntan publik (ACCOUNTANT PUBLIC).

Mungkin perusahaan Anda selama ini belum melaksanakan pembukuan, atau pelaksanaan pembukuan di perusahaan Anda terbengkalai karena faktor Sumber Daya yang ada resign atau kurang memadai dll, maka kami dapat membantu untuk melaksanakan pembukuan di perusahaan Anda dengan  sistem atau metode yang dapat di-musyawarahkan lebih lanjut, dengan biaya yang terjangkau.

Layanan jasa akuntansi: jasa perpajakan

 Layanan jasa akuntansi yang kami tawarkan lainnya adalah jasa perpajakan. Kami dapat membantu pengurusan Perhitungan pajak terutang hingga pelaporan pajak di kantor pajak tempat wajib pajak terdaftar. Dengan demikian anda tidak akan mendapatkan surat teguran dari pihak KPP berkaitan dengan Pajak yang terutang. 

Kami juga membantu dalam penghitungan dan pelaporan di bidang perpajakan Anda misalnya:

  • Pengisian SPT Bulanan dan Tahunan
  • Pengitungan Pajak Badan (Pph Pasal 25, 21 )
  • Pengurusan PPN dll.

Layanan jasa akuntansi: design system accounting

 Design system accounting juga menjadi salah satu layanan jasa akuntansi yang kami sediakan. Dengan bantuan aplikasi akutnansi, anda tidak perlu menggunakan excel secara ma nual. Semua dapat dilakukan otomatis dengan menggunakan aplikasi yang telah kami rekomendasikan.

Bagi perusahaan yang baru berdiri dan ingin melaksanakan pembukuan, kami dapat membantu menyusun sistem akuntansi mulai dari nol, mulai dari Instalasi software, pembuatan Chart Of Account COA), dan training sehingga betul-betul program running dengan biaya yang terjangkau

Hubungi Kami Segera

PT Atrahdis idea Nusantara membantu mewujudkan pengembangan usaha Anda di bidang Jasa Manajemen, dengan biaya yang terjangkau. Kami didukung oleh tenaga Profesional dan telah berpengalaman dan Kami hadir sebagai bagian dari solusi Anda.

Untuk info lebih lanjut seputar layanan atau untuk berkonsultasi bisa menghubungi kami melalui :

Isi form dibawah berikut untuk mendapatkan penawaran harga SPESIAL sesuai kebutuhan

….

 

error: Content is protected !!